Anak Kost ???, Apa ya yang harus di perhatikan???

 By Aprynur
Kebetulan banget nemu tips hemat dan sehat jadi anak kost, maklum saat ini ane lagi sakit kena flu gara-gara kuliah malem, kena udara malam yang super dingin dan akhir-akhir ini angin di malang lagi kenceng-kencengnya. Tips2 di bawah ini bersumber dari solid.or.id yaitu Lembaga Pers Fakultas teknik Universitas Brawijaya.

1. Kalkulasi gaji kita dari ortu
Setiap bulan pasti kita dapat jatah uang jajan dari ortu, otomatis dari uang yang bisa disebut “gaji” tersebut akan kita gunakan untuk semua kebutuhan kita dalam jangka waktu tertentu. Maka dari itu mulai dengan menghitung kebutuhan makan, setelah itu diikuti kebutuhan lain seperti refreshing, transport untuk yang menggunakan kendaraan dari tempat kost, dan terutama utuk fotokopi. Perhitunannya mulai dengan bagi menjadi persen-persen. Untuk yang tidak memakai kendaraan, perbandingannya 80% makan dan 20% sisa kebutuhan. Sedangkan untuk yang memakai transport usahakan sehemat mungkin utuk menggunakan kendaraan jadi kebutuhn makan tidak trganggu. Karena akan berakibat pada kesehatan.
Wah kalo urusan kalkulasi biaya hidup belum ane perhitungkan nie, yang penting kalo lagi banyak uang ya makan enak, kebalikanya jika gak punya uang ya jadi super ngirit dech, hehehehe….
perlu menata keuangan nie biar bisa nabung juga, kalo udah terkumpul kan bisa ane buat beli lamborgini, hehehehe…..
2. Perencanaan
Hal ini karena semakin padat kegiatan maka kebutuhan nutrisi tubuh akan semakin meningkat. Misal dalam 1 bulan akan ada kegiatan praktikum, studi lapangan, studio, membuat laporan sampai kegiatan non akademik. Sebisa mungkin untuk memberikan nutrisi yang cukup.
Kalo perencanaan seperti ini sich udah ane lakuin, tapi berhubung di kost itu banyak godaanya ya rencananya jadi gak karuan, hehehehe…
Apalagi kalo buka laptop yang tadinya mau ngerjain tugas, trus mau browsing di internet, buka browser crome langsung di ketik fa arah bawah enter, ilang dech niat buat ngerjain tugas, malah asik facebookan, hehehehe….
3. Tempat makan
Hal yang satu ini sangat berperan penting dalam menguras keuangan, karena makan merupakan kebutuhan yang wajib jadi jangan meninggalka makan jika tidak ingin sakit. Rekomendasi tempat
....yang penting kenyang dan murah. prinsip makan...
credit : silverpurle.deviantart.com
makan adalah yang memberikan harga yang murah untuk pelanggannya, hal ini berarti tempat makan yang menyediakan berbagai masakan untuk pelanggannya, bukan tempat makan yang membrikan makanan yang langsung jadi. Seperti nasi goreng, mie goreng, tahu telor, dan lain-lain. Karena makanan tersebut harganya telah “dipatok” kita tidak bisa mengatur berapa harga yang harus kita bayar. Tempat makan yang enak adalah yang membebaskan pelanggannya untuk mengambil sendiri makanan yang akan dibeli atau bisa dikatakan “prasmanan”. Karena setiap makanan yang kita ambil bisa kita hitung berapa harga yang akan kita bayar.
Soal makan mah udah bener-bener ane filter tempatnya, yang penting kenyang dan murah. prinsip makan ku saat ini jika lagi di warung prasmanan yang penting ambil nasi yang banyak, soal habis gak habis ya di pikir nanti, beda banget kalo makan di rumah ambil dikit trus kalo masih kurang ya langsung nambah, hehehehe….
4. Sakit
Merupakan suatu saat dimana kita harus benar-benar memperhatikan tubuh. Karena saat ini kita harus cepat dalam menghadapi msalah ini, semakin cepat tertangani maka semakin cepat kita sembuh. Maka kesimpulan terakhirnya semakin sedikit kita mengeluarkn uang untuk membeli obat dan lain-lain.
Sakit di kost sungguh sangat menderita, rasanya pengen pulang, trus minta di pijatin dech ma papi, hehehehe….
kalo di kost wah bisanya cuman tidur terkapar. paling-paling ya beli obat alakadarnya di alfamart atau indomart.
5. Olahraga
Kegiatan ini memang tidak secara lansung berhubungan dengan keuangan, tapi akibat dari jika kita tidak berolahraga secara teratur adalah mudah sakit dan berakibat seperti yang telah diterangkan sebelumnya. Luangkanlah waktu untuk berolah raga setiap pagi, minimal peregangan otot-otot samapai tubuh kita menjadi tidak sedikit berkeringat. Untuk akhir pekan lakukanlah olahraga yang lumayan menguras tenaga, seperti jogging, futsal, atau bahkan fitness.
Olahraga, niat udah ada tapi masalah terbesarku adalah gak bisa bangun pagi, so gak pernah olahraga pagi, hehehehe…..
6. Begadang
Merupakan hal yang sudah tidak asing bagi kita, yaitu menahan untuk tidak tidur sampai larut malam,. Hal ini lumrah jika ada keperluan seperti mengerjakan tugas, membuat laporan, belajar untuk ujian. Namun kurangilah begadang jika tidak ada kegiatan, karena saat kita tidur tubuh kita mengalami proses dimana hanya terjadi saat kita tidur.
Tiap hari aku bergadang, entah kenapa ane kalo malem gak bisa tidur, ada yang bisa bantu???
7. Keseharian  Anak Kost ???, Apa ya yang harus di perhatikan??? | Aprynur's BlogAprynur's Blog

• Dimulai dari bangun tidur, selalu minum air putih ketika kita bangun tidur karena akan memberikan efek positif seperti menyembuhkan migrain, kurang enak badan, gangguan sistem hati (lever), radang sendi, sakit jantung, epilepsi, obesitas, asma, TBC, radang selaput (otak atau sumsum tulang belakang), gangguan ginjal, vomiting (emesis), radang lambung, mencret, piles, diabetes, sembelit, gangguan mata, gangguan rahim (kanker &menstruasi tidak lancar), dan bahkan gangguan THT. Kalau semua sakit itu dapat dicegah maka kita tidak perlu menyisihkan uang saku untuk uang dokter.
• Selanjutnya selalu bawa air minum dari kos, agar kebuutuhan air terpenuhi ketika di kampus, sekaligus menghemat pembelian air minum.
• Sempatkan tidur siang walaupun di kampus, karena tidur siang dapat memberikan efek positif pada kinerja otak. Tidak peru lama, cukup dengan waktu minimal 10 menit. Untuk tempat pun tidak menjadi masalah, jika sedang mengerjakan tugas di kampus
• Selalu sempatkan untuk mengkonsumsi buah atau jus buah, minimal 2 hari sekali atau 1 minggu sekali jika sedang seret uang, karena tubuh kita juga peru nuttrisi dari dalam buah
• Sediakanlah stok mie instan, untuk kebutuhan ketika dalam keadaan sepi penjual. Tapi disarankan, untuk makan mie insatan tidak setiap hari karena mie instan memiliki kandungan … yang tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi. Jika terpaksa maksimal harus ada jangka waktu 3 hari untuk kembali mengkonsumsi mie instan.
Semoga bisa menerapkannya, tapi untuk mie instan gak dech udah kapok aku makan mie instan.
8. Tempat Kost
Untuk tempat kost, carilah tempat kost yang memiliki sirkulasi udara yang baik, alias tidak pengap karena akan berpengaruh pada kondisi kesehatan, terutama paru-paru. Tentu jika kita dapat mencegah maka bisa menghindari biaya tambahan untuk beribat ke dokter.
Alhamdulillah tempat kost ku saat ini cukup nyaman, sirkulasi kayak AC, hehehe…,Tapi KM di atas gak pernah ada airnya, tapi di bawah lancar-lancar aja, tapi harus ngantri kalo mau mandi pagi….
Semoga ane bisa nerapin hidup sehat dan bisa hidup hemat biar tabungan bisa terkumpul…..
VN:F [1.9.22_1171]


http://www.aprynur.com/anak-kost-apa-ya-yang-harus-di-di-perhatikan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar