Tips Menjadi Anak Kost


Saya jamin banyak diantara orang-orang yang takut hidup jauh dari orangtua. Bukan takut karena kangen atau apa tapi takut ga dapet tambahan jatah bulanan. Kalau dirumah kan duit habis bisa langsung minta. Di kosan, kita harus berusaha mengatur keuangan sendiri. Usahakan jangan sering minta dikirimin duit deh. Rasakan sensasi hidup diakhir bulan dengan keuangan yang sangat menipis.


Barang-barang kayak gini Cuma menuh-menuhin kamar saja. Kalau wajan,panci, dan alat dapur tuh bakal disediain kok di dapur kosan. So, ga perlu repot-repot. Apalagi ranjang besi/kayu. Mau anak manja sampai mandiri lebih praktis pakai kasur busa ukuran single. Lagian tuh kasur gampang digotong-gotong kalau mau tidur di kamar teman. Bikin kamar sesimple mungkin dengan barang yang memang penting.


Saya sebagai mantan anak kost akan memberikan sedikit tips buat orang-orang yang pengen atau akan ngekos. Ketika seseorang memutuskan untuk tinggal jauh dari orangtua demi mencari sesuap ilmu, ada berbagai macam pikiran mengganjal. Awal dari tulisan ini, 3 dari sekian banyak pikiran akan saya sebutkan.


credit :harianceritalucu.blogspot.ca
Pertama, bagi yang manja tingkat dewa mungkin dia akan merasa “mamih..saya tak sanggup ngekos, kalau begini gimana, begitu gimana, ini itu ah ah”. Kedua, bagi yang terkekang “horee akhirnya gue jauh dari ortu. Gue bebas!!!!. Ketiga, bagi yang biasa-biasa aja “ngekos??okelah gue coba. Gue bakal hidup mandiri, dapet pengalaman baru, dan gue janji ga bakal mengkhianati amanat ortu gue”. Nampaknya yang ketiga ini saya banget.hehe lagaknya.
Faktanya di lapangan, ketiga pemikiran itu mungkin ga bakal sama persis. Antara tipe satu sampai tiga bisa berubah-rubah malah tertukar. Yang tadinya manja jadi mandiri, yang tadinya ingin bebas merdeka mau melakukan apapun jadi berpikir sebelum bertindak, dan sebagainya.
Untuk itu bagi tipe manapun, akan saya berikan tips-tips menjadi anak kos yang baik macam saya ini.
Jangan bawa barang yang ga penting-penting banget, seperti panci, rak piring, wajan, lemari segede gajah, meja belajar ukuran besar, ranjang besi/kayu, gas dan lainnya.

Lupakan kesuraman hidup jauh dari orangtua.
Selain itu, jangan hiraukan rasa tskut kesepian dan sebagainya. Hidup di kosan itu bakal memberikan banyak sekali pengalaman hidup yang baru. Bisa berkenalan dengan teman-teman baru yang pada akhirnya kalian merasa bahwa mereka keluarga baru. Ada kalimat yang saya petik dari yeahmahasiswa(dot)com. Kurang lebih bunyinya kek gini “Mungkin ada beberapa hal yang ga bisa lo dapetin di kosan kayak waktu di rumah. Tapi pasti ada banyak hal baru yang bisa lo dapetin di kosan sementara ga bisa lo dapetin di rumah”. Kata-kata ini emang tepat banget!!.

Jauhi diri dari pergaulan bebas!!.
Yang ini penting nih. Walau merasa ngekos itu bisa bebas sebebas-bebasnya, tapi ingatlah orangtua di rumah yang banting tulang mencari uang buat biaya kuliah kita. Bergaul boleh, bebas boleh, tapi tetap harus bertanggung jawab kepada diri sendiri. Senakal-nakalnya, nakallah seperti remaja nakal yang normal dan wajar (bolos, utang temen, jailin temen, jailin dosen, dan kenakalan konyol lain). Jangan sampai terjerumus ke lembah hitam. Masa depanmu ada di tanganmu, kawan!!!.

Sedia Mie Instan dan Minuman.
Kalau ini penting banget. Mie instan sangat penting sebagai pasokan makanan akhir bulan. Sedangkan minuman (khususnya air mineral) penting buat sehari-hari. Pake gallon juga boleh. Sediakan juga minuman sachetan seperti kopi instan. Berguna buat ngelembur ngerjain tugas yang deadline.

Jangan bawa binatang peliharaan.
Sesayang-sayangnya kita sama binatang, usahakan jangan membawa binatang piaraan ke kosan. Kan ga semua orang suka binatang. Gimana kalau binatangnya ga sopan, boker dimana aja gitu misalnya. Kan ngga banget. So, tahan hasratmu untuk memelihara binatang di kosan. Mending melihara yang lain (melihara diri atau memelihara kekasih maksudnya) *becanda*.

Jangan belagu!!!
Penting banget nih buat calon anak kos baru. Sebagai penghuni baru, keramahan sangat dibutuhkan. Sekalinya jutek dan belagu, dijamin selain bakal dikerjain dan diusir secara perlahan oleh para dedengkot kosan. Kamu juga bakal merasakan kesuraman ngekos. Secara getoh ngerasa hidup sendirian. Jangankan anak baru, penghuni lainpun sama, keramahan is number wahid. Jangan berlagak paling kaya dan paling segalanya.
Kalau ada teman atau saudara yang nginep, jangan segan-segan ijin sama juragan atau penjaga kos.
Menurut pengalaman pribadi, jangan remehkan hal satu ini karena tipikal juragan atau penjaga kos itu beda-beda. Sebagai anak kos yang baik, laporkanlah orang yang mau menginap itu layaknya tamu wajib lapor di RT 1×24 jam.
Saya pernah kena semprot gara-gara hal satu ini. Waktu itu saya sebagai mantan penghuni yang sudah 3 tahun meninggalkan Puri Shinta Yogyakarta berniat bermalam di kosan itu. Karena merasa “alumni” dan lulusnya juga masih menyisakan jatah setengah tahun, saya cuek-cuek saja. Ketemu bapak kos pun saya tersenyum, menyapa, dan bermain mata. Ku kira si Bapak masih inget sama wajahku yang…. ya gitulah *ehem ga tega narsis disini*, tapi sayang (mungkin) faktor usia membuat si Bapak lupa pada saya. Lagian udah beberapa kali saya mengunjungi lalu menginap di PS dan tak terjadi apa-apa, toh belum tentu setahun sekali saya nginep disana. Tapi hari itu jadi hari sial. Lagi asyik-asyiknya ngobrol depan tv sama temenku yang bernama Sisiuk *nama disamarkan*, si Bapak ini manggil Sisiuk.
B: “Mbak Sisiuk ada tamu?”
S: “Iya Pak”
B: “lain kali kalau ada tamu, bilang dulu ya sama saya. Saya ga suka kayak gini” (dengan nada tinggi dan di depan si gue!!).
Sisiuk hanya bisa iya dan terpaku. Sedangkan saya cengengesan. Ingin rasanya bilang bahwa saya ini Rizki dari Magelang, penghuni 2008 yang masih menyisakan duit setengah tahun disini!!. sayang kata-kata itu tertahan.
Makanya jangan remehkan yah hal kayak gini. Mau “alumni”, sodara, teman, orangtua, tetap harus ijin dulu.

Nikmatilah masa-masa ngekos.
Ngekos diawal kuliah (anggaplah umur kita 18 tahun) merupakan masa dimana kita sedang jaya-jayanya dalam hal “menggila”. Biasalah remaja mau menginjak dewasa gitu. Masa ini juga bisa disebut sebagai awal dari masa muda masa yang berapi-api *kata Bang Oma*. Masa ini juga ga luput dari virus alaynisme lho. Saya akui sebagai remaja yang masih labil kala itu, alaynisme mengalir dalam darah para penghuni. Dari tulisan fluktuatif sampai pose tergaul alaynisme.
Ga Cuma itu, ngekos juga titik awal dimana kita jauh dari ortu dan berusaha hidup sendiri tanpa keluarga kandung. Bertemu teman baru, jalan-jalan menjelajahi kota rantau, menggila, dan sebagainya. So, jangan pasang rasa gak ridho buat ngekos deh. Nikmatin aja suka dukanya. Ini tuh bagian dari sejarah hidup kita dan bisa diceritain buat anak cucu kita kelak.
Emm kayaknya segitu dulu deh tipsnya, tambahin sendiri aja. Pokoknya yang penting ngekos itu bukan ajang untuk bertindak sesuka hati. Bebaslah yang bertanggung jawab, oke!. Selamat datang di dunia kos wahai para calon “kost-ers”!!!.









Read more on...

 <http://amaliarizki.com/2012/08/10/tips-menjadi-anak-kost/>
{10/08/12 | Ktips trik sesat <http://amaliarizki.com/category/tips-trik-sesat/> | kamalia | b<http://amaliarizki.com/2012/08/10/tips-menjadi-anak-kost/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar