Raksasa raksasa di dunia Pewayangan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtk6MwHhkghVhXXCsbN-be7dZGzkAJE3X8v0b3ZGvDLjcBdUK0NVK2KJFndAyW4MoNf9yR33KT_ER6MljKyGJG6axDxYPjhhjyC6_B8kl9oDi35n0fXN-FiNXc0S93wC3mTOCJHtpfJIR6/s748/Dasamuka+rangan+banyak+BAGUS.jpg

Dalam dunia pewayangan dikenal juga tokoh tokoh raksasa. Raksasa raksasa ini dapat dikelompokan menjadi delapan macam raksasa.

1. Raksasa golongan raja dan satria; misalnya, Prabu Dasamuka dari Alengkadiraja dan saudara saudara dan puteranya, Prabu Gorawangsa, raja Gua Barong. Prabu Yudha Kala Kresna dari Dwarawati, Prabu Kala Karna.dari Kerajaan Awangga Prabu Newata Kawaca dari Kerajaan Imanimantaka, Prabu Kala Trembaka dari Kerajaan Pringgadani, Prabu Baka dari Medangkemulan,dll.

2. raksasa golongan pendita, misalnya Resi Pulasta, dari Kerajaan Alengkadiraja dan Begawan Bagaspati. dari Kerajaan/Pertapaan Argabelah;

3. Raksasa dari golongan dewa dewa. Seperti putera putera Batara Guru dan Batara Ismaya, seperti Batara Kala, Batara Gana, Batara Yamadipati, Batara Wrahaspati;dll.

4. Raksasa dari gokongan dewa yang mendapat kutukan, maka ia menjadi raksasa, seperti Raksasa Wong Lanang dan Raseksi Wong Wadon, yang setelah diruwat maka, mereka kembali menjadi dewa Kamajaya dan Dewi KamaratIh.dll
5. Raksasa jenis brahala, adalah raksasa alih rupa dari dari Prabu Kresna atau Arjuna Sasrabahu, yang bisa merubah dirinya menjadi raksasa sebesar gunung anakan.
  6.Raksasa jenis jin, misalnya Jin Sapujagad dan Sapulebu.

  7. Raksasa dari Golongan perajurit,misalnya: Buto Cakil dan Kala Pragalba.

8. Raksasa hutan serperti Buto Rambutgeni Buto terong dll, biasanya bergabung dengan golongan prajurit.

Sedangkan pertunjukan paling menarik adalah adegan Perang Kembang, perang antara perajurit raksasa dengan seorang kesatria, misalnya, Arjuna, Abimanyu atau Srikandi, Biasanya kalau yang menghadapi Abimanyu atau Srikandi akan dibantu Gatutkaca yang selalu mengawasi keamanan negara dari angkasa.

Marilah kita  berkenalan dengan mereka.
Bahan dihimpun dari Album Tokoh Wayang
Wrehaspati, mohon maaf dan terimakasih.

 

SELENGKAPNYA :

http://dusyanta.blogspot.ca/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar