APA SIH KARTU INDONESIA SEHAT?

 

3 Nopember 2014, presiden terpilih indonesia periode 2014-2019, Bapak Joko Widodo, meluncurkan program Kartu Indonesia Sehat. Kartu ini di jadikan sebagai jaminan untuk kesehatan masyarakat Indonesia. Jadi apa sebenanya Karu indonesia sehat atau yang lebih di kenal dengan sebutan KIS itu?. Lalu apa bedanya dengan BPJS Kesehatan?.

Pertama-tama mari kita mengenal apa itu KIS. KIS merupakan jaminan kepada pemegangnya untuk mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan seperti yang dilaksanakan dalam jaminan kesehatan nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Dari segi manfaat, pemegang Kartu Indonesia Sehat akan medapat layanan promotif, prefentif dan deteksi dini dengan cara yang lebih intensif dan terintegrasi.
Lalau siapa yang akan menjadi pemegang Kartu Indonesia Sehat?. Pemegang kartu Indonesia sehat adalah para penerima bantuan iuran dan orang-orang yang menyandang permasalahan kesejahteraan sosial. Selain itu, bayi baru lahir dari masyarakat berstatus penerima bantuan iuran yang selama ini belum terjamin, akan di jamin menggunakan Kartu Indonesia Sehat.

Jadi apa Bedanya dengan BPJS Kesehatan?. KIS adalah suatu program yang erupakan bagian dari sistem jaminan sosial nasional (JKN). Sedangkan BPJS Kesehatan adalah badan yang menjalankan program Kartu Indonesia Sehat yang menjamin orang tidak mampu.
Lalu bagaimana denganang sudah memegang kartu BPJS?. Bagi masyarakat yang sudah mememiliki kartu JKN-BPJS Kesehatan, kartu ASKES, kartu e-id BPJS Kesehatan maupun pemegang kartu KJS masih dapat mendapatkan pelayanan dari BPJS kesehatan. Sedangkan bagi masyarakat tidak mampu yang belum terjamin sebelumnya, secara bertahap akan di terbitkan Kartu Indonesia Sehat.
Selain hal diatas, pemegang Kartu Indonesia Sehat  dapat dengan segera mendapat jaminan kesehatan sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku. Begitu juga dengan keadaan gawat darurat medis, pemegang Kartu Indonesia Sehat dapat langsung memperoleh layanan jaminan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan.
Posted by BPJS KESEHATAN at 00.07
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest
Labels: bpjs, bpjs kesehatan, kesehatan, sehat
 
SUMBER :
http://blog.bpjskesehatanri.com/2014/11/apa-sih-kartu-indonesia-sehat.html
 
 
 
 
 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar